Sukma Setyo Aji

Berpacu Menjadi Yang Terbaik

pengalaman AMERTA

diposting oleh sukma-setyo-aji-fst17 pada 11 August 2017
di Training Of Trainee AMERTA - 0 komentar

Perkenalkan nama saya Sukma Setyo Aji. Biasa dipanggil Aji. Saya adalah mahasiswa baru (maba) Universitas Airlangga dari Fakultas Sains dan Teknologi (FST) program studi S1 Statistika.menjadi mahasiswa baru tentunya ada suatu kegiatan awal yang biasa dilakukan oleh setiap perguruan tinggi di Indonesia. Ya,  Pada tanggal 3-7 Agustus 2017 saya telah mengikuti kegiatan wajib bagi mahasiswa Universitas Airlangga, yaitu bertajuk “AMERTA”. Di sini setiap mahasiswa harus mengikuti kegiatan ini karena kegiatan ini merupakan salah satu syarat kelulusan mahasiswa di Universitas Airlangga. Di acara ini saya telah banyak mendapatkan pengalaman yang sangat berharga. Dari segi kedisiplinan, ketertiban,pandai membagi waktu dan lain sebagainnya.

 Di acara Amerta. setiap mahasiswa baru akan dibagi menjadi beberapa garuda, dan setiap garuda akan dibagi lagi menjadi beberapa ksatria. Saya sendiri masuk di dalam kelompok garuda 2 dan ksatria 17. Ditanggal 3-4 saya mengikuti acara PKKMB di kampus B tepatnya di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). acara di hari itu diisi oleh materi-materi baik disampaikan oleh para dosen maupun dari kakak-kakak BEM. Materinya berisi tentang pengetahuan dari sejarah Unair, fasilitas-fasilitas, kegiatan akademik dan juga kegiatan non akademik. Selain itu juga ada materi yang menjelaskan tentang kegiatan keorganisasian. Acara di dua hari tersebut dimulai pada pagi hari dan selesai pada pukul 17.00.

Di tanggal 5 ada acara bertajuk “AMERTA CANDRADIMUKA” yaitu acara PKKMB yang lebih mengutamakan kegiatan di outdoor ini sangatlah menarik. Sejak pagi hari kelompok kami dan kelompok lain bersorak sorai menyorakkan yel-yel dan jargon dari masing-nasing kelompok. Bukan itu saja, ada kegiatan cap tangan dengan cat warna dan ditempelkan di sepanduk besar dan sangat lebar. Sepanduk tersebut berisi gambar garuda pancasila dan warna-warna di sepanduk itu adalah cap tangan dari semua mahasiswa baru Unair. Sungguh luar biasa bukan.

Di hari terakhir PKKMB, kami mahasiswa baru Unair dikumpulkan di gedung Airlangga Convention Center (ACC). Hari itu khusus untuk hari penutupan AMERTA. Diacara tersebut disuguhkan beberapa penampilan dari para mahasiswa dari Unit kegiatan Mahasiswa (UKM). Yaitu dari UKM Taekwondo,tari, dan karawitan. Penampilannya sangat bagus dan apik. Apalagi sorak-sorai para maba yang menyaksikan penampilan UKM Taekwondo. Diacara tersebut juga ada bintang tamu special dari seseorang musisi yang dulunya adalah mahasiswa Unair, yaitu Piyu “Padi”. Sorak sorai pun terus bergemuruh ketika ia menyanyikan beberapa lagu andalannya. Pada penutupan Amerta ini juga merupakan hari istimewa. Kenapa istimewa? Karena hari itu tepat hari ulang tahun bapak Rektor Universitas Airlangga. Sayangnya beliau tidak bisa hadir karena ada urusan ke luar kota. Meskipun demikian, kami tetap menyanyikan lagu selamat ulang tahun bagi bapak Rektor kita.

            Acara pun telah usai, 4 hari yang sangat berkesan. Meskipun setiap hari kita harus mengerjakan tugas-tugas dan harus lembur tugas. Tetapi saya tetap melakukannya dengan hati yang ikhlas dan senang. Di acara ini saya telah menemukan banyak teman baru dari berbagai penjuru negeri. saya senang bisa bekerja meskipun tidak seberapa. Disini saya harus bisa bekerja secara individu dan kelompok. Setelah acara ini berakhir saya akan rindu kepada kakak PK saya, teman-teman kelompok saya yang setiap hari bekerja bersama-sama. Disini saya dapat mengambil hikmah bahwa saya harus belajar menghargai waktu , aktif serta rajin dalam bekerja maupun bersosialisasi.

http://web.unair.ac.id

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :